Tips Olah raga untuk Ibu Hamil

Selain Makanan yangbernutrisi untuk ibunda, latihan fisik juga dapat membatu tumbuh kembang sang buah hati, selain itu juga mengurangi rasa tidak nyaman,meningkatkan tenaga dan menjaga kesehatan sang bunda.tetapi jangan berolahraga yang berat,krena akanberdampak buruk bagi perkembangan sang buah hati, olah raga berenang, jalan-jalan dan aerobic low impact dapat ditoleransi.

Berjalan adalah olahraga yang baik untuk pemula. Berjalan memiliki efek seperti aerobik namun tanpa beban berat pada persendian. Pakailah jenis sepatu yang nyaman ketika berolahraga. Latihan dapat mengurangi ketidaknyamanan selama kehamilan seperti konstipasi, pegal pada punggung, mudah lelah, bengkak pada kaki, dan varises vena.

Bagi pemula, berjalan merupakan olahraga yang sangat disarankan. Berjalan mdapat memberikan efeck seperti aerobic,namun tanpa beban yang berat pada persendian. Sebaiknya dalam melakukan olahraga sang bunda hendaklah menggunakan jenis sepatu yang nyaman. Latihan dapat mengurangi ketidak nyamanan selama hamil,seperti konstipasi, pegal pada

Hindari olahraga yang melakukan gerakan berbaring dengan punggung sebagai dasarnya, olahraga yang dapat mengakibatkan jatuh atau trauma pada perut, dan olahraga dengan beban persendian yang berat. Hindari mengangkat beban berat diatas kepala dan melakukan gerakan yang mengakibatkan peregangan dari otot punggung. Pada trimester kedua dan ketiga, hindari latihan yang melibatkan gerakan berbaring di punggung karena akan menurunkan aliran darah ke rahim.

Tips Berolahraga Selama Kehamilan

  • Aerobic low impact yang berarti aerobik tanpa gerakan melompat, tendangan tinggi, berlari cepat, dan tetap meletakkan satu kaki di lantai untuk mencegah persendian mudah lelah dan cedera. Aerobic low impact aman selama kehamilan
  • Dianjurkan latihan ringan sampai sedang 3 kali semingu
  • Jangan melakukan olahraga yang mengakibatkan kelelahan atau kehabisan napas dan hentikan olahraga apabila mengalami gejala lelah, pusing, kehabisan napas
  • Pakailah sepatu olahraga yang nyaman
  • Disaranakn untuk berolahraga pada daerah yang dingin agar tidak mengalami kepanasan berlebihan
  • Minum air yang banyak selama latihan
  • Pakailah baju olahraga yang nyaman
  • Lakukan istirahat secara teratur
  • Pilihlah tipe olahraga yang tidak memiliki risiko trauma (terutama bagian perut) dan jatuh dengan menghindari daerah berbatu dan jalur yang tidak stabil ketika berlari atau bersepeda
  • Hindari olahraga yang melakukan gerakan berbaring dengan punggung sebagai dasarnya terutama pada trimester kedua dan ketiga
  • Asupan makanan sebaiknya ditingkatkan dengan komposisi sesuai dengan energi yang dikeluarkan ketika berolahraga
  • Hindari mengangkat beban berat diatas kepala dan melakukan gerakan yang mengakibatkan peregangan dari otot punggung

Menyiasati si kecil yang sulit makan

Anda mungkin sering sekali menemukan kendala saat berhadapan dengan buah hati anda yang sulit makan.  Dari mulai gerakan menutup mulut sampai dengan mengalihkan perhatian dengan cara bermain sering terjadi sebagai upaya anak-anak menghindari makanan yang tidak disukai.

Berikut adalah tips dan trik untuk menyiasati kondisi tersebut

  1. Gunakan beragam sayur dan buah yang berwarna cerah dalam menu hidangan buah hati anda. Begitupun halnya dengan peralatan makan yang anda gunakan. Berbagai perpaduan warna, akan membuat hidangan terlihat lebih menarik.
  2. Sajian untuk anak-anak dapat ditata sedemikian rupa sehingga menjadi bentuk yang fun dan tidak kaku. Gunakan alat pemotong untuk roti atau cetakan telur dengan variasi gambar yang berbeda-beda.
  3. Menyembunyikan sayur dalam olahan makanan anda. Sebagai contoh, dengan mencampur parutan wortel  atau bayam ke dalam adonan daging cincang untuk kemudian dijadikan bola-bola semur.
  4. Hindari memberikan cemilan atau snack sebelum makan, hal ini bertujuan agar kondisi perut tidak penuh saat memasuki jam makan anak.
  5. Lengkapi sayur dan buah dengan dipping sauce. Sebagai contoh, mayonnaise untuk wortel atau saus keju untuk brokoli.
  6. Sajikan makanan dengan porsi kecil, hal ini selain mempermudah anak untuk mengunyah satu per satu makanan juga akan terlihat lebih menarik
  7. Biasakan anak untuk makan di meja makan, tanpa bantuan televisi sebagai hiburan. Selain untuk melatih disiplin anak, hal ini dapat membuat anak lebih fokus kepada aktivitas makan yang sedang dilakukan.
  8. Menyertakan anak dalam proses memasak. Biarkan anak menentukan menu yang ingin dikerjakan dengan bahan baku yang sudah anda sediakan sebelumnya. Hal ini selain dapat melatih kreativitas anak, juga dapat mencipatakan suasana makan yang menyenangkan.
  9. Biasakan anak-anak untuk makan teratur sesuai dengan waktu yang sama setiap harinya. Pengecualian dapat anda lakukan disaat akhir pekan, berikan keleluasaan untuk anak menentukan sendiri “liburan” yang diinginkan dari rutinitas sehari-hari.
  10. Jadikan waktu makan bersama anak menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan. Dengan bertukar cerita makan akan menciptakan pola komunikasi yang baik dan juga kedekatan hubungan antara ibu dan anak.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s