Makanan Bernutrisi Untuk Ibu hamil

Makanan untuk ibu hamil sebaiknya mengandung nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada janin yang dikandung oleh sang bunda, makanan untuk ibu hamil sebainya mengandung beberapa unsure seperti unsure Protein, Vitamin dan mineral, Karbohidrat dan lemak, serta Susu dan makanan untuk perkembangan dan pertumbuhan otak bayi.

Buah-buahan Sayur-sayuran, daging, ikan kacang-kacangan, telur , Susu, adalah makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh para bunda. Terutama susu, dengan formula khusus untuk ibu hamil. Dalam trimester pertama, makanan yang baik untk ibu hamil sebaiknya makanan yang mengandung Protein, DHA dan ARA yang berguna untuk awal dan dasar yang kuat bagi janin.

Makanan pembangun tubuh.

Makanan yang kaya akan protein banyak terdapat pada daging ayam,sapi,ikan,makanan laut, buah alpukat,telur dan susu. Protein sangat berperan dalam pembentukan jaringan baru dan memelihara sel tubuh,meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi serta mensuplai kebutuhan energy. Kebutuhan gizi yang terus meingkat pada masa kehamilan membuthkan peningkatan 20-30% kalori guna memproduksi energi untuk kegiatan setiap hari.

Makanan yang sebaiknya dihindari selama mengandung

Kondisi janin dan ibu hamil sangatlah ditentukan oleh asupan makanan yang bunda konsumsi, oleh karena itu sebaiknya bunda yang sedang hamil menghindari makanan tertentu yang berdampak kurang baik pada janin. Diantaranya adalah :

  • Hindari makanan yang mengandung bahan pengawet dan zat aditif atau zat tambahan pangan. Karena makanan ini dikhawatirkan dapat membahayakan bagi janin Anda.
  • Kurangi makanan yang berkalori tinggi yang hanya mengandung gula, lemak, dan kurang mengandung zat gizi lainnya seperti makanan siap saji, minuman bersoda dan goreng-gorengan, karena dapat memicu terjadinya obesitas atau kegemukan berlebih pada ibu hamil.
  • Sebaiknya tidak mengkonsumsi kafein berlebihan karena kafein yang banyak terkandung di dalam kopi dan cokelat dapat meningkatkan tekanan darah dan membahayakan kesehatan ibu hamil serta janinnya.
  • Apabila terpaksa harus mengkonsumsi makanan kemasan, maka label dan masa berlaku harus diperhatikan dengan baik
  • Masaklah makanan dengan baik, terutama pada saat mengolah daging karena kemungkinan masih mengandung kuman
  • Sebaiknya ibu hamil menghindari lingkungan yang berpolusi, dan menjauhi asap rokok
  • Sang ibu yang memiliki kebiasaan merokok atau meminum minuman beralkohol harus menghentikan kebiasaannya selama masa kehamilan karena sangat berbahaya bagi janin
  • Hindari penggunaan obat-obatan tanpa pengawasan dokter.

 Ingat ya Ibu, selama masa kehamilan, nutrisi yang Ibu konsumsi dapat membantu mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin. Jadi berikan nutrisi yang terbaik dengan memperhatikan asupan nutrisi selam masa kehamilan dan jagalah pola makan bunda dengan makanan yang bernutrisi tinggi untuk kebutuhan sang buah hati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s