Tips ibu hamil ketika melakukan perjalanan jauh

Ada Kalanya seorang ibu yang sedang hamil harus berpergian jauh,maka sang bunda harus mempersiapkan segala sesuatunya,misalkan makanan,dalam waktu tertentu makanan menjadi masalah yang kompleks, karena ini berhubungan dengan 2 nyawa sekaligus,oleh karena itu, persiapan persiapan harus dilakukan jauh jauh hari sebelum melakukan perjalanan.

Berikut ini ada beberapa tips ketika sang bunda hendak berpergian.

  1. Sebaiknya lakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan kondisi sang calon buah hati benar-benar sehat, konsultasikan dengan dokter pendamping anda, hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kandungan apakah benar aman untuk sang bayi dan kondisi kesehatan sang bunda sendiri.
  2. Pilih waktu yang tepat, pemilihan waktu yang tepat untuk berpergian adalah ketika kondisi masa hamil antara 14 dan 28 minggu. Dan apabila b erpergian ini adalah ke tempat wisata atau ke pusat hiburan lainnya, sebaiknya usahakan untuk melihat terlebih dahulu fasilitas kesehatan di tempat tujuan, hal ini hanya sebagai langkah antisipasi saja apa bila ada hal yang tidak dinginkan.
  3. Kenyamanan ibu harus terjaga. Dalam melakukan perjalanan jauh sangat penting untuk ibu menjaga kondisi kebugarannya, kenyaman ibu menjadi sangat penting. Untuk itu usahakan untuk selalu membawa bantal tambahan agar kondisi tetap merasa santai dan nyaman,
  4. Dan yang paling penting dalam melakukan perjalanan jauh adalah persediaan makanan yang sehat dan bernutrisi untuk sang bunda. Jangan sampai perut bunda sampai kosong, karena janin tetap membutuhkan nutrisi yang cukup.ibu bisa membawa makan jenis sayur,misalkan salad dan susu, tidak dianjurkan untuk ibu membeli makanan yang tidak jelas kelayakannya.

Terutama persediaan susu ketika saat bunda sedang melakukan perjalanan jauh, karena susu telah mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh sang janin dan bunda sendiri.

Demikian sedikit tips sebelum bunda melakukan perjalan ke luar kota semoga dapat bermanfaat.

Tips Olah raga untuk Ibu Hamil

Selain Makanan yangbernutrisi untuk ibunda, latihan fisik juga dapat membatu tumbuh kembang sang buah hati, selain itu juga mengurangi rasa tidak nyaman,meningkatkan tenaga dan menjaga kesehatan sang bunda.tetapi jangan berolahraga yang berat,krena akanberdampak buruk bagi perkembangan sang buah hati, olah raga berenang, jalan-jalan dan aerobic low impact dapat ditoleransi.

Berjalan adalah olahraga yang baik untuk pemula. Berjalan memiliki efek seperti aerobik namun tanpa beban berat pada persendian. Pakailah jenis sepatu yang nyaman ketika berolahraga. Latihan dapat mengurangi ketidaknyamanan selama kehamilan seperti konstipasi, pegal pada punggung, mudah lelah, bengkak pada kaki, dan varises vena.

Bagi pemula, berjalan merupakan olahraga yang sangat disarankan. Berjalan mdapat memberikan efeck seperti aerobic,namun tanpa beban yang berat pada persendian. Sebaiknya dalam melakukan olahraga sang bunda hendaklah menggunakan jenis sepatu yang nyaman. Latihan dapat mengurangi ketidak nyamanan selama hamil,seperti konstipasi, pegal pada

Hindari olahraga yang melakukan gerakan berbaring dengan punggung sebagai dasarnya, olahraga yang dapat mengakibatkan jatuh atau trauma pada perut, dan olahraga dengan beban persendian yang berat. Hindari mengangkat beban berat diatas kepala dan melakukan gerakan yang mengakibatkan peregangan dari otot punggung. Pada trimester kedua dan ketiga, hindari latihan yang melibatkan gerakan berbaring di punggung karena akan menurunkan aliran darah ke rahim.

Tips Berolahraga Selama Kehamilan

  • Aerobic low impact yang berarti aerobik tanpa gerakan melompat, tendangan tinggi, berlari cepat, dan tetap meletakkan satu kaki di lantai untuk mencegah persendian mudah lelah dan cedera. Aerobic low impact aman selama kehamilan
  • Dianjurkan latihan ringan sampai sedang 3 kali semingu
  • Jangan melakukan olahraga yang mengakibatkan kelelahan atau kehabisan napas dan hentikan olahraga apabila mengalami gejala lelah, pusing, kehabisan napas
  • Pakailah sepatu olahraga yang nyaman
  • Disaranakn untuk berolahraga pada daerah yang dingin agar tidak mengalami kepanasan berlebihan
  • Minum air yang banyak selama latihan
  • Pakailah baju olahraga yang nyaman
  • Lakukan istirahat secara teratur
  • Pilihlah tipe olahraga yang tidak memiliki risiko trauma (terutama bagian perut) dan jatuh dengan menghindari daerah berbatu dan jalur yang tidak stabil ketika berlari atau bersepeda
  • Hindari olahraga yang melakukan gerakan berbaring dengan punggung sebagai dasarnya terutama pada trimester kedua dan ketiga
  • Asupan makanan sebaiknya ditingkatkan dengan komposisi sesuai dengan energi yang dikeluarkan ketika berolahraga
  • Hindari mengangkat beban berat diatas kepala dan melakukan gerakan yang mengakibatkan peregangan dari otot punggung

Menyiasati si kecil yang sulit makan

Anda mungkin sering sekali menemukan kendala saat berhadapan dengan buah hati anda yang sulit makan.  Dari mulai gerakan menutup mulut sampai dengan mengalihkan perhatian dengan cara bermain sering terjadi sebagai upaya anak-anak menghindari makanan yang tidak disukai.

Berikut adalah tips dan trik untuk menyiasati kondisi tersebut

  1. Gunakan beragam sayur dan buah yang berwarna cerah dalam menu hidangan buah hati anda. Begitupun halnya dengan peralatan makan yang anda gunakan. Berbagai perpaduan warna, akan membuat hidangan terlihat lebih menarik.
  2. Sajian untuk anak-anak dapat ditata sedemikian rupa sehingga menjadi bentuk yang fun dan tidak kaku. Gunakan alat pemotong untuk roti atau cetakan telur dengan variasi gambar yang berbeda-beda.
  3. Menyembunyikan sayur dalam olahan makanan anda. Sebagai contoh, dengan mencampur parutan wortel  atau bayam ke dalam adonan daging cincang untuk kemudian dijadikan bola-bola semur.
  4. Hindari memberikan cemilan atau snack sebelum makan, hal ini bertujuan agar kondisi perut tidak penuh saat memasuki jam makan anak.
  5. Lengkapi sayur dan buah dengan dipping sauce. Sebagai contoh, mayonnaise untuk wortel atau saus keju untuk brokoli.
  6. Sajikan makanan dengan porsi kecil, hal ini selain mempermudah anak untuk mengunyah satu per satu makanan juga akan terlihat lebih menarik
  7. Biasakan anak untuk makan di meja makan, tanpa bantuan televisi sebagai hiburan. Selain untuk melatih disiplin anak, hal ini dapat membuat anak lebih fokus kepada aktivitas makan yang sedang dilakukan.
  8. Menyertakan anak dalam proses memasak. Biarkan anak menentukan menu yang ingin dikerjakan dengan bahan baku yang sudah anda sediakan sebelumnya. Hal ini selain dapat melatih kreativitas anak, juga dapat mencipatakan suasana makan yang menyenangkan.
  9. Biasakan anak-anak untuk makan teratur sesuai dengan waktu yang sama setiap harinya. Pengecualian dapat anda lakukan disaat akhir pekan, berikan keleluasaan untuk anak menentukan sendiri “liburan” yang diinginkan dari rutinitas sehari-hari.
  10. Jadikan waktu makan bersama anak menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan. Dengan bertukar cerita makan akan menciptakan pola komunikasi yang baik dan juga kedekatan hubungan antara ibu dan anak.

 

Makanan Bernutrisi Untuk Ibu hamil

Makanan untuk ibu hamil sebaiknya mengandung nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada janin yang dikandung oleh sang bunda, makanan untuk ibu hamil sebainya mengandung beberapa unsure seperti unsure Protein, Vitamin dan mineral, Karbohidrat dan lemak, serta Susu dan makanan untuk perkembangan dan pertumbuhan otak bayi.

Buah-buahan Sayur-sayuran, daging, ikan kacang-kacangan, telur , Susu, adalah makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh para bunda. Terutama susu, dengan formula khusus untuk ibu hamil. Dalam trimester pertama, makanan yang baik untk ibu hamil sebaiknya makanan yang mengandung Protein, DHA dan ARA yang berguna untuk awal dan dasar yang kuat bagi janin.

Makanan pembangun tubuh.

Makanan yang kaya akan protein banyak terdapat pada daging ayam,sapi,ikan,makanan laut, buah alpukat,telur dan susu. Protein sangat berperan dalam pembentukan jaringan baru dan memelihara sel tubuh,meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi serta mensuplai kebutuhan energy. Kebutuhan gizi yang terus meingkat pada masa kehamilan membuthkan peningkatan 20-30% kalori guna memproduksi energi untuk kegiatan setiap hari.

Makanan yang sebaiknya dihindari selama mengandung

Kondisi janin dan ibu hamil sangatlah ditentukan oleh asupan makanan yang bunda konsumsi, oleh karena itu sebaiknya bunda yang sedang hamil menghindari makanan tertentu yang berdampak kurang baik pada janin. Diantaranya adalah :

  • Hindari makanan yang mengandung bahan pengawet dan zat aditif atau zat tambahan pangan. Karena makanan ini dikhawatirkan dapat membahayakan bagi janin Anda.
  • Kurangi makanan yang berkalori tinggi yang hanya mengandung gula, lemak, dan kurang mengandung zat gizi lainnya seperti makanan siap saji, minuman bersoda dan goreng-gorengan, karena dapat memicu terjadinya obesitas atau kegemukan berlebih pada ibu hamil.
  • Sebaiknya tidak mengkonsumsi kafein berlebihan karena kafein yang banyak terkandung di dalam kopi dan cokelat dapat meningkatkan tekanan darah dan membahayakan kesehatan ibu hamil serta janinnya.
  • Apabila terpaksa harus mengkonsumsi makanan kemasan, maka label dan masa berlaku harus diperhatikan dengan baik
  • Masaklah makanan dengan baik, terutama pada saat mengolah daging karena kemungkinan masih mengandung kuman
  • Sebaiknya ibu hamil menghindari lingkungan yang berpolusi, dan menjauhi asap rokok
  • Sang ibu yang memiliki kebiasaan merokok atau meminum minuman beralkohol harus menghentikan kebiasaannya selama masa kehamilan karena sangat berbahaya bagi janin
  • Hindari penggunaan obat-obatan tanpa pengawasan dokter.

 Ingat ya Ibu, selama masa kehamilan, nutrisi yang Ibu konsumsi dapat membantu mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin. Jadi berikan nutrisi yang terbaik dengan memperhatikan asupan nutrisi selam masa kehamilan dan jagalah pola makan bunda dengan makanan yang bernutrisi tinggi untuk kebutuhan sang buah hati.

Makanan yang wajib dikonsumsi ibu hamil

Makanan untuk ibu hamil sangat disarankan adalah makanan yang banyak mengandung DHA, karena DHA sangat baik untuk sang buah hati. Saat yang membahagiakan untuk seorang wanita adalah saat mereka mengetahui bahwa mereka sedang hamil, mereka sangat bahagia dan akan melakukan apa saja yang terbaik untuk kandungan dan janin yang dikandungnya. Seorang bunda akan mencari semua informasi dan memeriksa perkembangan janin yang ada didalam kandungannya setiap hari,jam,menit bahkan setiap detik. Seorang bunda akan mengetahui apa saja yang dibutuhkan sang buah hatinya dan apa saja yang baik untuk buah hatinya.

Pada pekan kelima sang buah hati akan sangat membutuhkan DHA untuk pertumbuhan secara normal. Asa dokosahksaenoat atau sering disebut sebahai DHA memang sangat penting untuk buah hati dalam masa perkembangannya. Seorang ibu harus banyak mengkkonsumsi makanan yang banyak mengandung DHA sehingga janin akan tumbuh dengan sehat dan normal.

Dan pada saat bayi lahir ibu harus banyak memberikan asi,karena DHA banyak sekali terkandung dlam ASI. Walaupun terkadang dan tidak jarang ibu jaman sekarang lebih banyak memilih susu formula berDHA, tetapi kandungan DHA dalam ASI tidak ada tandingannya untuk asupan makanan buat sang bayi. Dengan mengkonsumsi makanan yang seperti ikan salmon, tuna, sarden, patin, kepiting, kerang dan telur omega 3 berarti bunda telah mendukung untuk memberikan asi eksklusif untuk sang buah hati, karena jenis makan tersebut merupakan makanan sehat untuk sang bunda dan baik sekali untuk mendukung kwalitas asi. Studi mengatakan bahwa wanita hamil membutuhkan setidaknya 250 mg DHA dalam setiap harinya. Walaupun buah hati telah mendapatkan asupan DHA yang cukup dalam setiap harinya, tetapi ini tidak bisa langsung menjadi pintar, anda harus member stimulasi yang baik untuk buah hatin anda. Anda bisammelatih motorik kasar dan halus buah hati anda. Anda bisa menggunakan mainnan,bunyi,warna dll untuk menstimulasi buah hati. Ketika ada yang janggal sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter spesialis anak. Dan jgan lupa untuk memastikan dan menjaga kebersihan makanan yang anda konsumsi,pastikan makan sehat untuk ibu selalu terprioritaskan.

Makanan sehat untuk ibu hamil

Makanan sehat untuk ibu hamil sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang sang bayi. Dan dalam masa kehamilan banyak yang sangat disarankan terhadap sang ibu, salah satunya adalah menjaga pola makan. Seorang ibu tidak hanya harus teratur saja dalam hal mengkonsumsi makanan, tetapi juga harus pandai memilih makan yang akan dikonsumsi oleh sang bunda. Pada saat hamil, seorang ibu tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan yang ingin dikonsumsi, karena ada kemungkinan bahwa makanan yang bunda konsumsi malah membawa dampak yang tidak baik untuk sibuah hati.

walaupun sudah mengatahui akan hal ini, kadang bunda juga tetap ingin mengkonsumsi makanan yang enak, sehingga nafsu makan saat masa kehamilan tidak menurun. Disaat seperti ini satu hal yang paling bijaksana untuk menyikapinya adalah memakan makanan yang tidak hanya enak tetapi juga sehat untuk bunda dan sang buah hati.

Dalam hal ini bukan berarti hanya sebatas makan pokok atau makanan utama saja yang perlu diperhatikan oleh sang bunda, terkadang pada masa kehamilan sang bunda juga sering ingin memakan makanan ringan disela-sela waktunya. Untuk ibu hamil,sangat TIDAK DISARANKAN untuk mengkonsumsi sembarang makanan ringan. Memang ada beberapa makanan ringan yang tidak hanya enak tetapi juga sehat yang sebenarnya bisa dicoba oleh sang bunda. Pada saat bunda Ingin mengkonsumsi makanan yang manis, bunda bisa mencoba mengkonsumsi kismis, walaupun biasanya kismis juga dijadikan bhan campuran makanan lain, selain kismis bunda juga bisa mencoba mengkonsumsi yogurt,karena yang satu ini sudahnbanyak diketahui mengandung banyak probiotik. Probiotik tak hanya bagus untuk tumbuh kembang sang buah hati tetapijuga membantu sang ibu untuk menjaga system percernaan.

Selain yang tadi di sebuttkan tentunya masih banyak lagi makanan yang sehat,dan mengandung bahan alami tentunya, misalkan adalah salad, Salad biasanya terbuat dari berbagai macam sayuran atau buah segar bahkan mungkin kombinasi antara ke duannya. Yang menjadikan cemilan ini menjadi semakin baik adalah saus atau salad. Dressing yang digunakan dapat menambah rasa juga dapat di buat yogurt.

Sebenarnya masih banyak lagi makanan sehat untuk ibu hamil, asalkan ibu harus berhati-hati dalam memilih makan yang hendak dikonsumsi,baik makanan pokok atau makan cemilan. Satu yang bijak untuk ibu hamil lakukan guna mendapatkan bayi yang sehat nantinya.

Makanan sehat untuk ibu hamil

Makanan yang sehat akan membut anak kita terlahir yang sehat juga,ini merupakan hal yang paling membahagiakan untuk seorang ibu hamil. Ibu yang sedang hamil harus melakukan banyak cara agar si buah hati terlahir dengan sehat dan tumbuh menjadi anak yang cerdas. Untuk hal tersebut ibu hamil dapat menngikuti beberapa tips berikt untuk membuat bayi terlahir sehat.

  1. Mengkonsusi Makan yang Bergizi

    Pada saat seorang sedang hamil, maka makanan yang bergizi adalah factor yang paling penting ntuk menentukan kesehatan calon buah hati yang ada dalam kandungan,. Pada saat seorang ibu hamil, maka sangat diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, seperti sayuran hijau,buah-buahan dan sebagai suplemen tambahan ibu dapat mengkonsumsi susu, meskipun tidak wajib.

  2. Olah Raga Teratur

    Seorang ibu hamil bukan berate mereka tidak boleh berolah raga. Olah raga juga sangat diperlukan untuk seorang ibu yang sedang hamil, karena berolah raga akan membuat janin dalam kandungan akan menjadi lebih rileks dan merekapun akan tumbuh dengan sehat. Untuk jenis olah raga untuk ibu hamil memang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan orang-orang biasa.

  3. Istirahat yang Cukup

    Ibu hamil memang membutuhkan waktu istrahat yang cukup dan relaxs dalam beberapa saat. Aktifitas selanjutnya anda dapat menenangkan pikiran dan tubuh yang telah lelah, seorang ibu hamil harus meluangkan banyak waktu untuk beristirahat, karena dampaknyaakan sangat berbahaya untu sang buah hati.

  4. Usahakan Rutin Kontrol ke dokter

    Dengan rutin memeriksa kandungan maka akan sangat membatu seorang ibu hamil dalam memantau perkembagan sang buah hati yang ada dalam kandungannnya. Dan dokterpun akan member i panduan khusus untuk anda sehingga anda dapat menjaga kesehatan buah hati anda nantinya.

Demikian sedikit artikel ini semoga dapat bermanfaat untuk semua para calon ibu sekalian